Jenis-jenis Sapi Potong

Disini kami mencoba berusaha meluruskan anggapan orang-orang selama ini mengenai sapi BRAHMAN! Bahwa sebenarnya yang dinamakan sapi BRAHMAN ialah sapi yang berwarna putih kepala agak kehitaman dan berpunuk besar, bukan yang berwarna coklat atau merah seperti yang dikira selama ini. 
 
1. BRAHMAN
Sapi jenis  ini berasal dari negara India, namun banyak dikembangkan di Amerika, adapun sapi Brahman yang masuk ke Indonesia adalah sapi dari Amerika. Bobot sapi  jantan untuk jenis ini  maksimum 800 kg dan yang betinanya 550 kg.


2.LIMOUSINE

Jenis sapi ini merupakan keturunan sapi dari Eropa yang berkembang di Perancis,  sapi jenis ini merajai pasar-pasar sapi di Indonesia dan merupakan sapi primadona untuk penggemukan, selain bentuk badannya yang besar,  harganya pun sangat  mahal karena pertumbuhan badannya bisa mencapai 1,1 kg per hari.

3. CHAROLAIS

Sapi jenis ini juga di kembangkan di negara Perancis, warna bulu perak dan merupakan jenis paling besar di negara tersebut, sapi ini jarang di jumpai di pasar-pasar tradisional. Pertumbuhan badannya  hampir sama dengan jenis sapi Limousine  yakni bisa mencapai 1,3 kg per harinya.

4. HEREFORD

Sapi jenis ini juga merupakan sapi keturunan Eropa yang dikembangkan di Inggris, berat badan sapi jantannya rata-rata bisa mencapai  900 kg sedangkan  yang  betinanya bisa mencapai 725 kg.

5. SHORTHORN

Sapi jenis ini sama dengan sapi Hereford dan juga dikembangkan di eropa atau tepatnya di negara Inggris, adapun bobot jantan jenis sapi ini rata-rata 1100 kg untuk yang jantan sedangkan yang betinanya 850 kg.

6. SIMMENTAL

Sapi ini berasal dari lembah Simme negara Switzerland, tapi banyak dikembangkan di Australia dan Selandia Baru, bobot jantannya  sapi jenis ini  rata-rata 1100 kg untuk yang jantan sedangkan yang  betina 800 kg.  Sapi jenis ini banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional di Indonesia.

7. ABERDEN ANGUS

Sapi ini masuk di Indonesia melalui Selandia Baru, tapi awal mulanya jenis sapi ini berasal dari Eropa yaitu dari Skotlandia, bobot jantan sapi jenis ini rata-rata 900 kg untuk yang jantan dan betina 700 kg.

8. BRANGUS

Sapi jenis ini adalah hasil dari persilangan sapi betina Brahman dan pejantan Aberden Angus. Warnanya yang hitam, tegap kelihatannya gagah sekali. Sapi jenis ini jarang kita jumpai di Indonesia.

9. SANTA GERTRUDIS

Sapi ini adalah hasil dari persilangan antara sapi pejantan Brahman dan sapi betina Shorthorn dan di kembangkan pertama kalinya di King Ranch Texas Amerika Serikat  pada tahun 1943,  dan masuk ke Indonesia mulai tahun 1973, bobot sapi jantan dari jenis ini rata-rata 900 kg yang jantan dan  725 kg yang betinanya.

10. DROUGHMASTER

Sapi ini merupakan persilangan antara sapi betina Brahman dan pejantan Shorthorn, sapi jenis ini dikembangkan di benua Australia dan jarang sekali kita jumpai di Indonesia.

Sebenarnya  masih banyak lagi jenis-jenis sapi potong yang ada di dunia ini, mulai dari bobot, usia serta warnanya selain itu tentu saja jenis-jenis sapi di negeri kita sendiri Indonesia,  seperti sapi Bali dan yang lain-lainnya.

Semoga bermanfaat !

Sumber : www.karangasem-lemburkuring.blogspot.com
Referensi www.embryoplus.com.

Iklan